1 Oktober 2010

SEO Tips | Optimasi Search Engine secara Efektif dan Sederhana



Hampir semua mesin pencari meng-Indeks semua situs website di World Wide Web, dan menjalankan pencarian pada mereka untuk memaparkan kepada Anda hasil yang paling relevan untuk kata frase sesuai dengan permintaan katakunci yang Anda ketikkan di browse. 

Hasil pencarian ditampilkan dalam urutan tertentu sesuai kata kunci yang sangat relevan, yang menjadi perhatian utama dari Search Engine Optimization atau SEO. 

Karena popularitas penggunaan sebuah alat pencari, sebuah situs website harus mendapatkan peringkat yang baik dari sebuah laman web mereka untuk kata kunci yang relevan agar mendapatkan perhatian besar dari lalu lintas pada website atau blog. 

Pada beberapa website, sebanyak 80-90% dari lalu lintas dihasilkan dengan cara mengoptimasi menggunakan mesin pancari seperti Google. Ini menunjukan betapa pentingnya untuk mengoptimalkan situs Anda untuk dibaca oleh algoritma mesin pencari.

Mesin yang paling populer di internet termasuk Google (yang menyumbang lebih dari setengah dari pencarian di internet), Yahoo dan Bing. Masing-masing menggunakan metode yang berbeda atau algoritma peringkat laman web untuk hasil tertentu dengan kata kunci yang relevan pula. Jadi, halaman web yang sama mungkin memiliki peringkat yang berbeda di mesin yang berbeda untuk kata kunci yang sama atau frase. 

Hal ini menjadi sangat penting untuk mesin pencari agar dapat mengoptimalkan sebuah website yang kemudian diikuti dengan strategi dalam menata dengan baik sebuah website supaya dapat teroptimalkan dengan sempurna. Kebanyakan usaha SEO umumnya ditargetkan untuk sebuah mesin pencari yang sangat popular yaitu Google.

Berikut beberapa tips SEO yang dapat diterapkan mengenai bagaimana caranya Anda dapat meningkatkan status pencarian pada halaman pencarian sesuai dengan relevansi situs website Anda untuk kata kunci yang anda targetkan.

Kata Kunci dan Kunci Frasa

Kata kunci atau key words adalah apa yang Anda tuliskan dengan maksud mencari sesuatu pada browser mesin pencari, dan mesin pencari akan menampilkan pencarian anda berupa konten tag / meta dari sebuah halaman web. Ketika mesin menemukan kata kunci yang anda ketikan, lalu menentukan peringkat laman web berdasarkan kesamaan kata dengan kata kunci yang ketikan pada browsernya. Hal ini tak terlepas dari peran algoritma sebuah mesin pencari yang dianggap olehnya sangat relevan dengan kata kunci yang anda tuliskan. 

Menargetkan sekumpulan kata kunci / Frase unik yang Anda percaya paling relevan dengan konten situs Anda yang kira-kira sering dicari oleh user. Setelah mengidentifikasi mereka, pastikan bahwa konten dalam halaman Web termasuk dengan kata kuncinya sekitar 3-4 frase kata kedalam teks. Terlalu banyak menggunakan kata kunci dapat memiliki efek negative terhadap halaman web, pembacaan halaman bisa jadi turun dan bahkan mesin pencari menganggap hal ini adalah 'spam', anda tahu kana pa itu SPAM.

Meta-Tag dan Judul Halaman

Ada dua meta tag utama dari halaman web - kata kunci dan deskripsi halaman. Pastikan kedua berisi kata kunci tertarget yang relevan dengan isi halaman web Anda. Judul halaman juga merupakan elemen penting untuk dapat optimasi secara maksimal, pastikan bahwa judul juga memiliki kata kunci tertarget di dalamnya tanpa membuatnya kelihatan seperti 'spam' juga.

Membangun hubungan Website Anda di Forum Online dan Website Social Media.

Untuk membuat website Anda tampak sangat penting bagi mesin pencari, Anda harus memiliki banyak back link bermutu dari situs-situs lain di internet, tentunya dengan tema dan ide yang sama dengan situs anda. Ini dapat dicapai baik secara alami, yaitu menciptakan mereka sendiri atau menjalakannya sebagai strategi, di mana Anda mempromosikan website Anda dengan menghubungkan pada situs-situs lain. Ini adalah bagian penting dari optimasi bagi mesin pencari dari luar. 

Forum diskusi dan media sosial dua arah dimana Anda juga dapat membangun kembali link ke website Anda dan juga mendapatkan lalu lintas rujukan melalui link ini. Namun, manfaat sebenarnya adalah dari search engine agar mengenali link tersebut dalam rangka “mempersepsikan” mesin pencari bahwa popularitas website Anda dan otoritas Anda di internet cukup mumpuni. Anda juga dapat membangun back link ke website Anda dengan mengirimkan artikel pada direktori artikel dan memasukan link dalam kredit byline-nya.

1 komentar:

Tips, Rekomendasi, Style dan Cara Berpakaian Pria mengatakan...

Mo nambahin bos,

Untuk SEO penting juga memperbanyak backlink untuk menaikkan page rank yang nantinya meningkatkan popularitas dan posisi di search engine.

Posting Komentar

Gerakan Amankan Bumi

Gerakan Amankan Bumi
Penghijauan, Bisnis dan Income

Green Warrior

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail